TIPS MENGAHDAPI LONJAKAN PESANAN SAAT RAMADHAN DAN IDUL FITRI

0

Bulan ramadhan merupkan bulan yang sangat indah dan hal ini juga dirasakan bagi para online seller. Saat bulan ramadhan adalah saat yang paling tepat bagi para konsumen untuk mempersiapkan hari kemenangan idul fitri setelah sebulan penuh melakukan ibadah puasa dengan berbelanja. Maka dari itu sudah tidak heran lagi jika menjelang idul fitri para pedagang-pedagang daring mendapatkan lonjakan pesanan yang signifikan. Dikutip dari bisnis.tempo.co, Kenaikan permintaan tersebut akan bertahan hinga dua pekan menjelang Lebaran. Di Indonesia, Leo mencatat peningkatan sebesar 105 persen ritel online tahun lalu terjadi pada 5 Juni 2018 yang mana lebaran jatuh pada 14 Juni 2018. Lonjakan pesanan ini terjadi sepanjang bulan ramadhan dan melonjak lebih tinggi pada 10 hari menjelang idul fitri. Medianya juga beragam mulai dari desktop (PC), mobile aps & website. Adapun produk-produk yang paling dicari oleh konsumen adalah fashion, gadget & electronics dan makanan yang masih cukup dominan.

Dari data yang dijelanskan diatas, lonjakan pesanan akan dirasakan para pedagang daring yang akan diikuti oleh peningkatan penghasilan dari momen ramadhan dan lebaran. Tentu saja momen ramadhan dan lebaran menjadi berkah yang luar biasa di setiap tahunnya. Namun begitu, para pedagang daring juga memliki tantangan untuk mengatasi lonjakan tersebut dan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan seperti stok yang tidak tersedia pengiriman dan lain sebagainya. Lalu yang menjadi pertanyaan besar adalah apakah para pedagang daring ini mampu menghadapi sitasi dimana lonjakan pesanan terjadi sepanjang bulan ramadhan? Hal yang harus dilakukan adalah antisipasi. Berikut adalah tips untuk para pedagang daring dalam mempersiapkan lonjakan pesanan di bulan ramadhan dan idul fitri.

Periksa Inventori

Untuk mengantisipasi kehabisan stok, ada baiknya kita memeriksa ketersediaan barang di gudang dan melakukan pembaharuan secara berkala pada ketersediaan stok di marketplace di tempat kta berjualan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena tidak sedikit pelanggan yang merasa kecewa ketika mereka sudah melakukan pesanan dan sudah membayarnya dan didapati produk tersebut sudah habis. Jangan sampai hal ini terjadi pada took online kita karna akan berpengaruh kepada kepercayaan dan rating dari pelanggan.

Persiapkan Gudang

Dalam hal ini kita memerlukan gudang yang rapi dan terkategori dengan baik pada setiap produk yang kita jual. Hal ini tentu saja berpengaruh pada efisiensi waktu karena ketika gudang tertata dengan baik maka proses picking akan menjadi sangat mudah.

Menambah Tenaga Bantuan

Seiring lonjakan yang terjadi pada momen ramadhan dan idul fitri tentu saja akan menguras banyak tenaga jika dikerjakan dengan tenaga yang terbatas. Maka dari itu penting untuk menambah jumlah tenaga bantuan atau menambah karyawan untuk mengimbangi lonjakan pesanan yang ada. Perbantuan yang ada dapat membantu banyak hal seperti packing dan lain-lain.

Ekspansi Jasa Kurir

Hal lain yang harus dipertimbangkan untuk dipersiapkan menghadapi ramadhan dan Idul Fitri adalah jasa kurir. Lonjakan pesanan akan diikuti oleh beragamnya metode pengiriman yang dipilih pelanggan dan tentu kita tidak mau kehilangan pelanggan hanya karna metode pengiriman yang diinginkan oleh pelanggan tidak tersedia di toko kita.

Tips tersebut akan sangat bermanfaat bila diterpkan dengan benar. Mempersiapkan semuanya agar tidak kewalahan saat lonjakan pesanan sudah terjadi. Persiapan apa yang sudah kamu lakukan untuk menghadapi momen ramadhan dan lebaran tahun ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here