Akibat mewabahnya covid-19 belakangan ini, keberadaan hand sanitizer semakin sulit dicari dipasaran kalaupun ada harganya tidak masuk akal. Dikutip dari cnbcindonesia.com kenaikan harga hand sanitizer di marketplace tokopedia dan bukalapak melonjak hingga angka Rp60.000 /botol. Perlu diketahui bahwa lonjakan harga yang terjadi pada produk hand sanitizer dikarenakan tingginya kekhawatiran masyarakat akan kondisi pandemi yang ada. Yang mengharuskan setiap orang untuk mensterilisasi anggota tubuh yang sering digunakan seperti tangan.

Pada saat yang sama pemerintah tidak menyarankan penggunaan hand sanitizer yang berlebihan dan terlalu sering. Pemerintah dalam hal ini adalah Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB yang menegaskan bahwa mencuci tangan dengan sabun lebih baik dari pada menggunakan hand sanitizer. Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona Achmad Yurianto atau yang akrab disapa Yuri menambahkan, “Karena dengan sabun kita akan menggunakan air yang mengalir, dan kita bisa membasuh seluruh celah kuku dan sebagainya dengan baik dibanding menggunakan hand sanitizer, yang mungkin hanya telapaknya saja yang bisa dibersihkan. Punggung tangan dan sela-sela lebih sering tidak,” kata Yurianto dalam konferensi pers yang disiarkan langsung melalui akun YouTube BNPB, Rabu (25/3/2020).

Artikel ini akan membahas lebih dalam bagaimana mencuci tangan dapat dikatakan lebih baik dari pada menggunakan hand sanitizer.

Kegunaan Hand Sanitizer

  • Membersihkan tangan dari debu dan kuman, dengan sensasi lembut di tangan.
  • Lebih maksimal membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit jika digunakan setelah mencuci tangan dengan air dan sabun.

Hand sanitizer merupakan cairan pembersih tangan yang digunakan saat kita sama sekali tidak memiliki kesempatan mencuci tangan dengan sabun. Cairan ini juga tidak mampu membasmi virus corona yang menempel di telapak tangan kita karena virus korona hanya bias larut atau hilang jika terkena zat pembersih dengan kadar anti-virus yang tinggi. Seperti air deterjen, air sabun, atau cairan disinfektan. Artinya hand sanitizer sebaiknya digunakan sebagai pembersih tambahan saja.

Efek samping penggunaan Hand Sanitizer berlebihan

  • Iritasi dan Alergi Kulit
  • Perih jika terkena kulit kering dan luka
  • Membuat tangan rentan terinfeksi
  • Kulit mudah terbakar sinar matahari
  • Memicu reaksi hormone

Mencuci tangan dengan sabun

Virus merupakan material kecil yang terbalut oleh protein dan lemak. Virus dapat menempel dengan mudah, terutama pada permukaan- permukaan yang sering menyentuh benda seperti tangan. Maka dari itu, hal terpenting untuk menangkal paparan virus corona yang ada saat ini adalah dengan mencuci tangan dengan sabun. Saat orang yang terinfeksi virus corona batuk atau bersin, droplets yang dikeluarkan dapat mengenai tangan. Droplets tersebut bisa mengering, namun virus akan tetap aktif. Ini karena kulit manusia merupakan permukaan yang ideal untuk virus hidup.

Ketika kamu hanya membilasnya dengan air, virus tidak akan mati dan tetap menempel di kulit. Hal ini dikarenakan lapisan yang membalut virus bersifat seperti minyak. Selain itu, molekul virus corona juga dibalut oleh partikel protein dan lemak yang melindunginya dari air. Namun, ketika bersentuhan dengan sabun, balutan lemak tersebut akan terpecah dan virusnya akan ikut terbunuh. Kemudian, air mengalir akan membilas sisa- sisa virus yang susah terpecah oleh sabun. Proses pemecahan partikel lemak pada virus butuh waktu yaitu 20 detik. Durasi tersebut juga dilakukan agar air mampu membilasnya sampai bersih. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik adalah tindakan pencegahan penularan virus corona yang paling mudah dan sederhana.

Kesimpulan

Jika memiliki pilihan, mencuci tangan dengan sabun dan air harus selalu menjadi pilihan pertama Anda. Meskipun keduanya baik untuk membersihkan tangan, tetapi penting untuk diingat bahwa sanitizer tidak dapat digunakan sebagai pengganti sabun dan air. Melainkan, ia hanya alternatif jika Anda tidak memiliki peralatan untuk mencuci tangan Anda dengan sabun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here